ANALISA KARAKTERISTIK I-V SOLAR SEL HASIL FABRIKASI MENGGUNAKAN SIMULATOR SUPREM3 DAN PC1D

Dalam percobaan ini telah dipabrikasi solar sel dari bahan poli kristal silikon menggunakan fasilitas proses yang ada di PPET-LIPI Bandung. Hasil yang diperoleh sejauh ini belum menunjukkan sesuai dengan yang diharapkan yaitu daya keluaran dan fill factor lebih rendah dibanding produk komersial. Berkenaan dengan hal tersebut perlu dilakukan analisa untuk mengetahui pameter yang mempengaruhi karakteristik I-V dari Solar Sel untuk selanjutnya dapat diperkirakan penyebabnya.

Sample Solar Sel diproses dengan menggunakan teknologi penguapan H3PO3 sebagai sumber dopan jenis-n, dan dilanjutkan dengan difusi panas yang dilakukan dalam furnace sistim ban berjalan pada temperatur antara 880 0C dengan waktu difusi sekitar 4,6 menit. Paremeter listrik dari sampel kemudian diukur dengan menggunakan SPI- Sun simulator. SUPREM3 digunakan untuk memperediksi profile doping sesuai parameter proses. Profile doping hasil SUPREM3 selanjutnya menjadi masukan bagi PC1D untuk memperediksi karakteristik listrik dari Solar Sel. Selanjutnya parameter listrik hasil pengukuran digunakan pada PC1D, sehingga parameter listrik yang dominan mempengaruhi karakteristik I-V Solar Sel hasil fabrikasi dapat diketahui

Secara umum, efisiensi Solar Sel hasil fabrikasi lebih rendah sekitar 39% dibanding hasil produk komersial buatan Solarex. Dengan membandingkan hasil pengukuran terhadap hasil simulasi untuk kondisi ideal, dapat disimpulkan bahwa faktor yang dominan dalam mempengaruhi karakateristik I-V Solar Sel hasil fabrikasi adalah nilai Rs dengan kontribusi 50% terhadap penurunan efisiensi, Eff. Sedangkan reflektansi permukaan dan Rfront memberi kontribusi masing-masing sekitar 15,6% dan 10% pada penurunan efisiensi. Nilai Rsh meskipun lebih rendah dibanding hasil produk komersial tapi tidak signifikan pada penurunan efisiensi.

Baca Lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *