ANALISIS KINERJA SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1

Hermawaty

Kumpulan data yang membentuk informasi saat ini sangat diperlukan oleh suatu institusi atau perusahaan karena informasi dipandang sebagai asset.

Pengaturan manajemen informasi STMIK “AMIKBANDUNG”  sudah dilakukan, akan tetapi belum dikelola dengan menggunakan pendekatan   dan  metoda  terstruktur,   sehingga  sulit  untuk  mengukur  seberapa  besar  peranan teknologi informasi dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.

Penelitian ini akan melakukan audit system informasi dengan menggunakan framework Cobit (Control Objectives for Information and related Technology). COBIT adalah standar pengendalian yang umum terhadap teknologi informasi, dengan memberikan kerangka kerja dan pengendalian terhadap teknologi informasi yang dapat diterapkan dan diterima secara internasional. Selain itu, COBIT dipilih karena dikembangkan dengan memperhatikan keterkaitan tujuan bisnis dengan  tidak    melupakan  fokusnya  pada  teknologi  informasi.  Kerangka  kerja  COBIT  bersifat umum, oleh sebab itu harus disesuaikan dengan melihat proses bisnis dan tanggung jawab proses teknologi informasi terhadap aktivitas perguruan tinggi.

Alat yang digunakan untuk memetakan posisi proses sistem informasi adalah dengan menggunakan kuesioner. Kuesioner dibuat dengan menggunakan teknik pengukuran skala prioritas.

Dari hasil penelitian ini diharapkan institusi dapat mengukur dan memonitor prosedur yang ada sehingga dapat ditanggulangi jika terjadi ketidaksesuaian dengan harapan.

 

Kata kunci :  Teknologi Informasi, Cobit, Kuesioner

Baca selengkapnya ..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *