APLIKASI ARSIP KHUSUS PSIKOLOGI TAMTAMA DI LINGKUNGAN DINAS PSIKOLOGI ANGKATAN DARAT

Hendra Gunawan, Haldi Yuniardi Latief

Dinas Psikologi Angkatan Darat disingkat Dispsiad merupakan badan pelaksana pusat di lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) yang berada langsung di bawah Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) yang memiliki tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi psikologi prajurit baik secara perorangan ataupun kelompok.

Pada saat ini dalam unit kerja pengelolaan arsip khusus (arsus) berkas psikologi prajurit, khususnya untuk bintara di bawah Lembaga Penyiapan Psikologi masih dilakukan secara manual, dan proses pencarian arsus yang membutuhkan waktu yang lama. Hal ini sangat tidak efektif, mengingat kegiatan di arsus begitu kompleks, dari pemilahan berkas prajurit yang telah memiliki nomor registrasi pusat, seleksi pendidikan, sampai peminjaman berkas psikologi untuk kepentingan tertentu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, dibuat rancangan aplikasi arsip khusus psikologi yang berbasis web. Dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan  metode System Development   Life   Cycle   (SDLC).

Melalui sistem ini maka pengelolaan arsip khusus ini dapat menghemat energi dan waktu, dan pemantauan arsip khusus ini dapat dikembangkan melalui jaringan intranet di lingkungan Dispsiad agar dapat diakses oleh pihak terkait.

Kata Kunci : Dinas Psikologi Angkatan Darat, Arsip Khusus

Baca selengkapnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *