APLIKASI ENKRIPSI SMS (SHORT MESSAGE SERVICE) MENGGUNAKAN METODE AES (ADVANCED ENCRYPTION STANDARD) 128 bit BERBASIS ANDROID

Hendra Gunawan

Perkembangan pesat pada dunia teknologi, salah satunya adalah telepon selular. Mulai dari ponsel yang hanya bisa digunakan untuk bicara dan sms hingga “ponsel cerdas” (smartphone) seperti android yang memiliki berbagai fungsi dan fitur. Perangkat smartphone seperti android memiliki keamanan yang dirancang demi kenyamanan dari pengguna, namun beberapa layanan pada fitur-fitur tertentu sama sekali tidak memiliki metode pengamanan pada data yang disimpannya, salah satunya adalah layanan SMS (Short Message Service) yang pada perangkat android secara standard sama sekali tidak memiliki metode pengamanan yang cukup. Keamanan dan kerahasiaan sangat penting dalam segala aspek untuk melindungi data. Pesan teks pada smartphone android yaitu SMS (Short Message Service) merupakan salah satu data penting yang perlu sistem keamanan data.

Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. AES (Advanced Encryption Standard) adalah teknik merahasiakan sandi atau data sesuai standarisasi dari FIPS (Federasi Information Processing Standard) versi 197 dengan menggunakan algoritma rijndael. AES dibuat oleh kriptografer asal Belgia, yakni Vincent Rijmen dan Joan Daemen.

Sehingga untuk dapat mengamankan pesan teks pada smartphone android yaitu SMS (Short Message Service) dapat digunakan algoritma AES sebagai algoritma enkripsi dan juga deskripsi pesan. Dengan menggunakan enkripsi diharapkan dapat memenuhi sistem keamanan pengiriman pesan yang sangat diperlukan bagi para pengguna layanan SMS (Short Message Service).

 

Kata Kunci :Short Messages Service (SMS), Android, Enkripsi, Dekripsi, Advanced Encryption Standard (AES)

Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *