DATA MINING PADA DATA PENIMBANGAN IKAN UNTUK MENGUKUR PERFORMANSI PROSES PENIMBANGAN DI TPI KARANGSONG INDRAMAYU

Yudhi Widya Arthana R, Muhammad Misykat Ali Al Mahdi

Salah satu sistem informasi yang sudah berjalan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Karangsong adalah sistem penimbangan. Sistem tersebut berfungsi untuk melakukan penimbangan terhadap ikan yang akan dilelang dan mencatat hasilnya untuk kemudian disinkronisasikan dengan sistem lelang. Dengan demikian sistem penimbangan merupakan titik krusial dari karena berfungsi sebagai pintu masuk dari data yang akan diproses oleh sistem lainnya. Saat ini belum ada suatu sistem yang secara khusus melakukan pemantauan & analisis terhadap data hasil penimbangan. Sehingga saat terjadi masalah pada sistem timbang operator harus menghubungi bagian IT secara manual. Selain itu tidak adanya analisis terhadap data penimbangan menyebabkan kesulitan dalam melakukan perencanaan kapasitas (capacity planning) seiring dengan tumbuhnya transaksi penimbangan.

Berdasarkan permasalahan di atas, maka dibutuhkan satu sistem yang berfungsi untuk memantau performansi dari sistem penimbangan dan melakukan analisis terhadap data yang dihasilkannya. Pemantauan dan analisis dapat dilakukan menggunakan teknik data mining terhadap data penimbangan yang dihasilkan oleh sistem penimbangan. Pada penelitian ini proses data mining tersebut akan diimplementasikan dalam sebuah aplikasi dashboard berbasis web. Sehingga diharapkan infromasi yang dihasilkan dapat diakses dengan mudah oleh pihak-pihak yang terkait seperti nelayan, peserta lelang (bakul) & petugas TPI.

Dengan adanya dashboard tersebut maka diharapkan permasalahan yang terjadi pada sistem penimbangan diketahui secara realtime dan pengambilan keputusan dalam perencanaan dapat didasarkan kepada data yang aktual.

Kata kunci : TPI, Data Mining, Dashboard

Baca selengkapnya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *