KOMPOSISI RESIKO KEAMANAN TEKNOLOGI INFORMASI DITINJAU DARI SISI TEKNOLOGI DAN SUMBER DAYA MANUSIA

Pada era teknologi informasi saat ini, kita ketahui bahwa pengolahan informasi merupakan hal yang sangat penting. Persaingan bisnis pada era ini telah melibatkan teknologi informasi dalam mengelola informasinya untuk meningkatkan daya saing dalam bisnisnya oleh semua perusahaan terutama perusahaan besar.

Faktor teknologi merupakan komponen utama dalam mengelola system informasi terutama mengenai keamanan pada teknologi informasi tersebut. Karena itu maka perlu diadakan analisa resiko keamanan berdasarkan teknologi untuk mengurangi resiko keamanan pada system informasinya.

Selain faktor teknologi faktor sumber daya manusia merupakan sumber dari keamanan informasi yang sangat penting untuk dianalisa dan dilakukan perbaikan jika ada kelemahan sehingga dapat mengurangi resiko dalam keamanan informasi. Dilaporkan bahwa terjadi network incident pada bulan Maret sejumlah 4850 dan bulan april pada tahun yang sama (2013) sejumlah 2032 jadi total laporan terjadinya network incident menjadi 6882 (ID-CERT 2013).

Baca Lebih Lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *