PENGARUH MINAT INDIVIDU TERHADAP PENGGUNAAN MOBILE BANKING (M-BANKING): MODEL KOMBINASI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR (TPB)

Yudhi W. Arthana R., Novi Rukhviyanti

Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan minat individu dalam menggunakan mobile banking. Faktor yang mempengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam penelitian ini adalah faktor kegunaan, kemudahan dalam menggunakan, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku. Penelitian ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya yang menggunakan kombinasi model TAM dan TPB. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan cara membagikan 300 kuesioner kepada para responden. Responden yang menjadi objek penelitian ini adalah warga kota Bandung yang menggunakan fasilitas mobile banking dari Bank Mandiri, Tbk. dan BCA, Tbk. Sejumlah 109 kuesioner telah diterima kembali, serta dapat digunakan dan dapat diproses menggunakan program Partial Least Squares (PLS) versi 2.0 M3.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang dirasakan dan persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi sikap individu menggunakan mobile banking. Sikap dan norma subjektif mempengaruhi niat individu menggunakan mobile banking, kontrol perilaku tidak mempengaruhi minat individu menggunakan mobile banking. Implikasi dari penelitian ini relevan untuk lembaga perbankan untuk mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi minat individu untuk menggunakan mobile banking dalam pengembangan sistem informasi.

Kata kunci: mobile banking, TAM, TPB.

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *