PENGEMBANGAN SISTEM PENDETEKSI KEPRIBADIAN MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN KONSEP JENDELA JOHARI

Pengenalan diri merupakan kemampuan sesorang untuk melihat kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirinya sehingga dapat melakukan respon yang tepat terhadap tuntutan yang muncul dari dalam maupun dari luar. Pengenalan diri salah satu cara untuk membentuk konsep diri. Manusia memiliki konsep diri terutama keonsep diri positif, yang akan membentuk harga diri yang kuat.

Joseph Luft dan Harrington Ingham, mengembangkan konsep Johari Window sebagai perwujudanbagaimana seseorang berhubungan dengan orang lain yang digambarkan sebagai sebuah jendela. ‘Jendela” tersebut terdiri dari 4 matriks sel, masing-masing sel menunjukkan daerah self(diri) baik yang terbuka maupun yang disembunyikan.

Dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), maka dikembangkan sistem pendeteksian kepribadian manusia berdasarkan konsep jendela johari berbasi komputer. Sistem yang dibangun berdasarkan kecerdasan buatan, untuk melacak dan menemukan solusi dari kepribadian manusia.Penggunaan konsep ini agar mempermudah untuk mendeteksi dan menentukan kepribadian manusia.

Baca Lebih Lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *