PERANCANGAN APLIKASI POINT OF SALE

Hendra Gunawan

Pada era teknologi informasi sekarang ini kita dituntut untuk dapat mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi agar dapat mengikuti perkembangan sekarang. Dengan adanya aplikasi yang terintegrasi dapat menunjang proses bisnis yang ada dalam perusahaan tersebut, sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain.

”TOKO MAJU JAYA” adalah perusahaan yang khusus menjual spare part com-puter, saat ini masih menggunakan cara manual dalam transaksi penjualannya, mulai dari pencatatan data kasir, pencatatan data barang, sampai penyimpanan data-data lainnya yang berhubungan dengan proses penjualan hingga sampai pembuatan laporan, sehingga memungkinkan adanya kesalahan pada saat pencatatan, ketidak-akuratan laporan yang dibuat dan keterlambatan dalam pencarian data-data yang diperlukan. ”TOKO MAJU JAYA” sangat membutuhkan suatu aplikasi penjualan yang telah terkomputerisasi dengan baik untuk menunjang dan memberikan pelayanan yang optimal kepada para customer. Informasi sebagai sumber daya konseptual mutlak diperlukan didalam kegiatan manajemen perusahaan, sehingga untuk menghasilkan informasi yang baik dibutuhkan suatu program pengolahan data yang baik pula.

Maka dari itu program yang terkomputerisasi dapat lebih memudahkan dalam bertransaksi, dan lebih meningkatkan mutu pelayanan kepada konsumen. Sehingga transaksi penjualan dapat berjalan dengan akurat dan efisien. Perancangan Aplikasi Point Of Sale ”TOKO MAJU JAYA” menggunakan metode waterfall/SDL C (System Development Life Cycle).

Kata Kunci : Point of Sale, teknologi informasi, penjualan

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *