PERANCANGAN APLIKASI SISTEM MANAJEMEN DATA DAN INTERNET MEMANFAATKAN SNMP DI PT. INFOMEDIA NUSANTARA

Hendra Gunawan, Setiadi Gunawan

Perkembangan jaringan komputer di PT.TELKOM Tbk. berhasil menjadikan usahanya menjadi perusahaan telekomunikasi yang terbesar di Indonesia. Banyak pe-rusahaan – perusahaan lain yang mempercayakan jaringan data dan internet seperti layanan vpnip, astinet dan indowifi kepada perusahaan TELKOM, oleh karena itu diper-lukan suatu aplikasi yang berguna untuk manajemen data dan internet di perusahaan ter-sebut.

Pengelolaan manajemen data dan internet menjadi satu hal yang sangat penting mengingat luasnya area yang ditangani dan banyaknya peralatan Digital Subscriber Line Access Multiplexer (DSLAM) yang tersebar diseluruh area. Perangkat DSLAM meru-pakan sebuah syarat dalam mengimplementasikan suatu jaringan dengan teknologi Digital Subscriber Line (DSL). Pada DSLAM, media pengiriman datanya melalui jarin-gan tembaga, sehingga mengingat infra struktur tembaga milik PT.TELKOM Tbk. sudah banyak tersebar melalui jaringan telepon, maka penggunaan teknologi DSL sangat tepat.

Sebagian besar perangkat perangkat seperti router, switch dan perangkat jaringan lainnya sudah disediakan banyak protokol-protokol, salah satunya yang dapat membantu dalam manajemen jaringan yaitu Simple Network Management Protocol (SNMP). Protokol ini ringan dan kecil sehingga hampir seluruh peralatan jaringan sudah memasukan protokol SNMP dalam produk–produknya termasuk DSLAM.
Aplikasi manajemen data dan internet melibatkan DSLAM sebagai perangkat disisi penyedia layanan dan modem Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL) sebagai perangkat disisi pelanggan. Melalui protokol SNMP, aplikasi ini ditujukan untuk mengetahui status antarmuka sekaligus mengukur sinyal jaringan seperti Signal Noise Ratio (SNR), redaman, bandwidth dan rate pada perangkat DSLAM yang sudah tersink-ronisasi terhadap modem melalui media web.
Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode SDLC (System Development Life Cycle) dimana dimulai dari system requirement sampai dengan perawatan sistem.

Kata kunci : DSLAM, Teknologi DSL, SNMP, Modem ADSL, SNR

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *