PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI TOEFL (TEST OF ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE) DAN TPA (TES POTENSI AKADEMIK) BERBASIS WEB UNTUK PERGURUAN TINGGI

Ugi Sugiri, Moch Ali Ramdhani

Kehadiran internet memberikan kemudahan dalam dunia pendidikan, hal ini terlihat begitu banyaknya institusi atau lembaga pendidikan yang memiliki sistem atau aplikasi yang berbasis web. Tes atau ujian adalah salah satu kegiatan yang ada pada institusi atau lembaga pendidikan. TOEFL merupakan salah satu parameter untuk menentukan kemampuan bahasa Inggris, sedangkan TPA adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang akademik umum.

Dalam rangka memanfaatkan teknologi web yang sedang berkembang dan memberikan kontribusi yang bermanfaat dalam dunia pendidikan di antaranya efektivitas dan efisiensi dalam mengadakan tes maka perlu dikembangkan aplikasi test TOEFL dan TPA secara online. Dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall serta metode perancangan yang dilakukan dalam pembangunan aplikasi ini meliputi flowmap, diagram konteks, data flow diagram (DFD), entity relationship diagram (ER-D), perancangan database, perancangan antarmuka (interface). Dan aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQ.

Dengan adanya aplikasi TOEFL dan TPA online untuk Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat memberikan efektivitas dan efisiensi dalam mengadakan tes serta memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi dunia pendidikan.

Keyword: TOEFL, TPA, Web, Online, PHP, MySQL

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *