PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PELAYANAN PUBLIK SERTIFIKASI BENIH PADI DENGAN DUKUNGAN INFORMATION DASHBOARD

Jaja, Rakhmayudhi

Abad 21 merupakan era kemajuan informasi berbasis internet untuk segala bidang, termasuk pemerintah dalam menetapkan ketahanan pangan. Pemerintah daerah Kabupaten Subang melalui Instalasi Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PSBTPH) bertugas melaksanakan sebagian tugas dinas pertanian tanaman Pangan propinsi jawa barat dibidang pelayanan pengawasan Mutu dan sertifikasi benih tanaman pangan dan hortikultura Serta informasi perbenihan padi, palawija dan hortikultura.
Kewajiban pemerintah adalah mendeseminasikan informasi yang tepat,benar, up to date, dan menarik tersebut kepada masyarakat. Untuk memenuhi tuntutan transparansi serta pelayanan informasi publik tersebut secara cepat,mudah, murah, dan tidak berbelit-belit. Sehingga diperlukan sebuah rancangan sistem informasi ke arah pelayanan informasi publik. Terutama bagi tingkat hulu yaitu Instalasi Pengawasan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (PSBTPH) dikaitkan dengan optimalisasi tugas instalasi.
Untuk mewujudkan transparasi dalam pelayanan publik maka perlu dibuatnya sebuah sistem yang dapat mendukung kegiatan sertifikasi benih tersebut yaitu dengan dibuatnya sistem informasi dengan dukungan dashboard, dengan dukungan dashboard informasi dapat disampaikan dengan dinamis dan relevan serta lebih menarik dengan berbagai macam antar muka seperti diagram, laporan, indikator visual dan mekanisme alert.

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *