PERANCANGAN SISTEM REMINDER UNTUK MENDUKUNG PENGAWASAN PENYEBARAN BENIH PADI (Studi Kasus Instalasi PSBTPH Wilayah Subang)

Jaja

Sistem reminder dibuat untuk membantu pelayanan yang dilakukan oleh instalasi terkait dengan pengawasan stok benih yang beredar dipasaran dengan cara mengirimkan pesan peringatan kepada produsen benih bina padi dan pengedar benih bina padi. Hal ini dibuat dengan tujuan agar tidak terjadinya keterlambatan pelaporan stok benih yang dilakukan oleh produsen dan pengedar benih bina padi.

Rancangan ini dibuat dengan dua tahapan yaitu permulaan (inception) dalam tahapan ini dilakukan analisis prosedur lama, kemudian melakukan pengolahan data dengan mengidentifikasi masalah prosedur lama, setalah itu membuat kebutuhan fungsional dan non fungsional serta membuat use case diagram untuk menggambarkan peran aktor dalam sistem reminder.

Tahapan kedua yaitu perluasan (elaboration) dalam tahapan ini dibuatnya prosedur baru untuk sistem reminder dan dibuat class diagram untuk menggambarkan keterhubungan antar kelas dalam sistem reminder, selanjutnya membuat antarmuka meliputi rancangan input dan output untuk sistem reminder.

 

Kata kunci : sistem reminder, RUP, benih padi

Baca selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *