PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE MENGGUNAKAN ZACHMAN FRAMEWORK (Studi Kasus : PT. PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan)

Sistem informasi (SI) bagi PT. PLN (Persero) Pusat Pemeliharaan Ketenagalistrikan (PLN PUSHARLIS) merupakan suatu kebutuhan mendasar dan sudah diterapkan di semua bagian tetapi masih belum terintegrasi sehingga proses pengolahan datanya sering terjadi redundansi data. Untuk mengatasinya maka perlu membuat perencanaan arsitektur enterprise yaitu dengan menggunakan Zachman framework. Hasil yang diharapkan berupa cetak biru SI yang menggambarkan pemodelan bisnis, arsitektur data, arsitektur aplikasi dan arsitektur teknologi yang diperlukan PLN PUSHARLIS pada saat ini dan di masa depan.

Dari hasil penelitian, cetak biru perencanaan arsitektur enterprise pada PLN PUSHARLIS yaitu berhasil mendefinisikan 8 proses bisnis, pada arsitektur data menghasilkan 64 entitas data, pada arsitektur aplikasi menghasilkan 46 kandidat aplikasi dan 47 usulan aplikasi serta untuk arsitektur teknologinya menghasilkan usulan arsitektur tehnologi.

Baca Lebih Lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *