REKAYASA ALUR KERJA DAN ARSITEKTUR INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN BSP

Kegiatan yang terjadi dalam suatu lingkup perusahaan, lembaga, atau instansi merupakan suatu gambaran mengenai proses bisnis yang dilakukan agar mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut perlu didukung oleh langkah kerja yang baik agar arah dari proses bisnis tersebut tetap berjalan sesuai dengan tujuan semula. Oleh karena itu, perlu dibuat alur kerja yang baik agar mengurangi kegiatan-kegiatan rangkap.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, perlu suatu metode yang membantu menentukan alur kerja tersebut. Salah satu metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah business systems planning (BSP). Metode BSP dapat menganalisis proses bisnis yang terjadi di perusahaan, lembaga, atau instansi sebagai bahan kajian peneliti untuk mengembangkan arsitektur informasi yang merupakan perwujudan dari proses bisnis dan alur kerja yang di identifikasi.

Konsep dasar implementasi BSP adalah pentahapan setiap aktifitas yang dilakukan mulai dari pendefinisian proses bisnis, penentuan kelompok proses, penentuan data-data yang mendukung proses bisnis, dan pembentukan kelas data, dan aliran data serta penggambaran arsitektur informasi.

Baca lebih lanjut