SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS CLOUD COMPUTING

Kebutuhan perguruan tinggi terhadap sistem informasi akademik mutlak dan tidak bisa terelakan lagi karena semakin banyak mahasiswa dan semakin besar perguruan tinggi tersebut maka pengelolaan data akademik juga akan semakin komplek dan tidak mungkin bisa dikerjakan dengan mudah tanpa sistem informasi akademik. Tetapi walaupun begitu pengembangan sistem informasi akademik yang baik akan sangat banyak membutuhkan biaya yang cukup besar, waktu yang panjang dan sumber daya yang kompeten dan ini yang selalu menjadi permasalahan dalam mengembangkan sistem informasi akademik tersebut.

Dalam penelitian ini membahas analisis dan perancangan sistem informasi akademik dengan menggunakan teknologi cloud computing sebagai basisnya, dengan harapan bisa mengatasi permasalahan seperti yang di paparkan diatas. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi literatur, identifikasi dan perumusan masalah dan dilanjutkan dengan analisis dan perancangan sistem yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan yang berhasil di identifikasi, analisis meliputi analisis fungsional, analisis keamanan, analisis dampak lingkungan dan analisis bisnis. Sedangkan perancangan sistem yang dilakukan meliputi perancangan arsitektur teknologi dan perancangan arsitektur sistem informasi.

Berdasarkan hasil analisis ternyata cloud computing memiliki berbagai macam keunggulan jika dibandingkan dengan sitem tradisional baik dari sisi penggunaan sumber daya, dampak lingkungan yang ditimbulkan serta biaya yang harus dikeluarkan oleh penggunanya. Maka dari itu teknologi ini sangat cocok untuk digunakan dalam mengimplementasikan sistem informasi akademik. Sehingga biaya pengembangan bisa dihilangkan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan yang ada hanyalah biaya sewa pemakaian saja. Hal ini tentu saja dapat berpengaruh terhadap perguruan tinggi tersebut yang memang mempunyai kendala dalam hal pembiayaan untuk pengadaan sistem informasi akademik.

Baca lebih lanjut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *