SISTEM KENDALI PERANGKAT LISTRIK BERBASIS ANDROID

Moch. Ali Ramdhani, Mohammad Latief

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan manusia akan kemudahan di era globalisali yang semakin meningkat tentunya setiap orang cenderung ingin mengerjakan segala sesuatu dengan mudah dan praktis. Penggunaan remote control untuk mengendalikan perangkat listrik tentu menjadi salah satu penerapan prinsip kerja yang praktis dan fleksibel. Selain kemudahan dalam media komunikasi efisiensi kendali sistem juga diharapkan dapat membantu dalam kehidupan. Penggunaan remote control menjadi salah satu pilihan untuk lebih memudahkan dalam mengendalikan lampu ruangan. Kolaborasi dari kemajuan komunikasi dan kecanggihan sistem kendali dapat mempermudah seorang pengguna untuk mengendalikan sebuah sistem dari jarak jauh, tidak hanya antar kota, bahkan antar pulau dan Negara dalam lingkup jaringan komunikasi yang digunakan.
Aplikasi kendali peralatan bersumber tegangan AC (Alternating Current) melalui layanan aplikasi Android dimana nantinya penguna aplikasi tidak perlu harus mendatangi kotak saklar untuk dapat menyalakan peralatan tersebut, namun hanya dengan mengirimkan sebuah pesan atau mengontrolnya melalui aplikasi Android untuk mengaktifkan peralatan listrik yang diinginkan.
Sistem yang dibentuk ini digunakan pada aplikasi ini seperti halnya pencatat laju komunikasi pesan yang digunakan (log pesan) untuk dicocokkan tipe atau format pesan yang dikirim untuk mengaktifkan alat ataupun saat mengontrol melalui android dengan tombol on/off yang sudah tersedia di aplikasi tersebut.
Aplikasi ini dibangun menggunakan metode penelitian Waterfall sistem. Basis data aplikasi ini dibangun dengan menggunakan MySQL dan bahasa pemrograman yang digunakan mobile programming dengan bahasa java.

Download Jurnal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *