SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BEASISWA KOPERTIS DI FAKULTAS TEKNIK UNSUR CIANJUR MENGGUNAKAN FUZZY MADM DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Ai Musrifah, Ela Sopiyillah

Fakultas Teknik Universitas Suryakancana adalah salah satu penerima beasiswa PPA dan BBM dari Kopertis Wilayah IV. Pemberian beasiswa dilakukan untuk membantu mahasiswa yang kurang mampu ataupun berprestasi. Supaya beasiswa tersebut dapat diberikan kepada mahasiswa yang layak menerimanya, maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan.

Proses pembangunan sistem pendukung keputusan ini dirancang dengan menggunakan metode Fuzzy Multiple Attribute Decision Making (FMADM) dengan metode Simple Additive Weighting (SAW) untuk menentukan penerima beasiswa di Fakultas Teknik UNSUR yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dipenyaluran penerima beasiswa tersebut. Dalam metode Simple Additive Weighting (SAW) dikelompokan dalam kriteria-kriteria seperti nilai IPK, penghasilan orang tua, jumlah saudara kandung, jumlah tanggungan orang tua, dan lain-lain, kemudian diterjemahkan dari bilangan fuzzy kedalam bentuk bilangan crisp sehingga nilainya akan bisa dilakukan proses perhitungan untuk mencari alternatif terbaik.

Berdasarkan hasil pembangunan sistem pendukung keputusan diharapkan sistem tersebut bisa memudahkan Fakultas dalam penyeleksian calon penerima beasiswa dan mendapatkan hasil yang lebih akurat terhadap siapa yang akan menerima beasiswa.

Kata Kunci: Sistem Pengambilan Keputusan, SAW, Beasiswa

Download Journal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *